Tips Troubleshooting Jaringan Internet dengan Speedy


Apakah anda berlangganan internet speedy di rumah atau kantor? jika iya mungkin anda pernah mengalami seperti yang saya alami yakni kadang-kadang kita tidak bisa konek, yang mungkin penyebabnya kita tidak tahu kok tiba-tiba internet mati. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memperbaiki koneksi internet kita sebelum kita putus asa atau menyerah dan memanggil teknisi jaringan atau memanggil teknisi speedy langsung yang mungkin datangnya tidak secepat yang kita harapkan.
Pada kasus pertama. Speedy anda tidak di-sharing, anda hanya melakukan koneksi internet langsung dari modem+router speedy, tanpa melalui hub/switch, ataupun server. Jika koneksi internet anda tiba-tiba mati (dalam hal ini speedy) lakukan langkah-langkah sebagai berikut :
  1. Restart modem speedy anda, kemudian coba melakukan koneksi lagi. Jika belum bisa,
  2. Cek jaringan fisiknya seperti Kabel Lan dan Line Telp-nya, Apakah LAN lepas/kendor dan line telp bisa digunakan untuk nelp ke luar…Jika sudah dipastikan ok, coba lagi konek…Jika belum bisa,
  3. Coba masuk ke setting-an modem anda dan lihat dibagian WAN, cari di sana kira-kira apa penyebabnya. Caranya ketikkan alamat router speedy anda (defaultnya: http://192.168.0.1). Jika langkah ini anda tidak bisa langsung aja ke langkah ke-3. Ulangi setting WAN dengan memasukkan username speedy dan password anda, dan sedikit setting2-nya.
  4. Panggil teknisi jaringan/komputer atau teman anda yang mengerti atau langsung saja komplain ke speedy telkom (telp : 147) request supaya teknisi-nya datang. Segeraaaaaaa!
Pada kasus kedua. Speedy anda di-sharing menggunakan hub/switch, web-proxy(spt. mikrotik, squid), bahkan menggunakan hotspot/wifi. sebelum sampai ke rumah anda. Jadi dalam hal ini saya anggap anda pada posisi terakhir. Jalur internet sudah melalui modem+router–>webproxy–>switch1–>akses point1–>client akses point–>swith2–>akses point2->anda. wakakakka..
Langkah-langkah yang harus anda lakukan jika pleeek…internet mati, kok nggak nyambung nih adalah :
  1. Segera telp/sms admin jaringan anda supaya mengecek koneksi internet anda. Hahahha anda tinggal siapkan saja snack + minuman + makanan ++, kalo nggak mau seperti itu coba…
  2. Analisa sendiri matinya dimana, cek dari belakang (dari komputer anda),
  3. Cek komputer anda apakah wifi atau lan card yang anda gunakan sudah dihidupkan, jika ok…
  4. Cek jalur berikutnya, cek akses point anda…mungkin masalahnya di sana. Cek secara fisik dan application. Secara fisik lihat koneksi dan powernya, secara aplikasi lihat settinga-an di dalamnya dengan mengakses-nya, Dari settingan di dalam-nya juga sudah tahu apakah akses point anda nyambung ke switch atau tidak, jika sudah ok…
  5. Cek Switch1 apakah hidup dan koneksi fisik ok…siapa tahu kabel LANnya putus digigit tikus, soalnya ini kejadian di tempat saya…gara-gara kabel lan di taruh di atas…dimakan tikus! jika sudah ok…
  6. Cek Client Akses Point, apakah hidup?, apakah dapat sinyal dari Akses point1, apakah sudah benar settingan-nya dan sudah terhubung…jika sudah ok…lanjut…
  7. Cek Switch1…Cek Webproxy, Cek Modem…jika belom bisa telp teknisi speedy…mungkin lagi gangguan….
  8. Kalo mau cepat, tidak mesti mengikuti langkah-langkah di atas, biasanya sekali cek salah satu alat tersebut sudah bisa menyimpulkan putusnya di mana…kalo sudah terbiasa putus khan…Coba langsung cek aja dari webproxy….pasti sudah ketahuan dimana putusnya…tapi yang punya akses khan hanya terbatas orang tertentu saja (alias admin.)….
  9. Oke deh segitu aja…ada yang mau nambahkan silahkan…belajar juga nich…
Yang paling penting nih…jangan lupa coba main ping ke alamat dari akses point/router yang kita gunakan…misal kita menggunakan router dengan alamat 192.168.0.1 maka coba ping sperti ini,
Start–>run–>cmd
ketik: ping 192.168.0.1
Kalo nggak ada jawaban berarti tidak konek.
Berikut nee contoh ping sederhana :
Microsoft Windows XP [Version 5.1.2600]
(C) Copyright 1985-2001 Microsoft Corp.
C:\Documents and Settings\Admin>ping 192.168.0.51 (alamat akses point tempat saya konek)
Pinging 192.168.0.51 with 32 bytes of data:
Reply from 192.168.0.51: bytes=32 time=2ms TTL=64
Reply from 192.168.0.51: bytes=32 time<1ms ttl="64" bytes="32" ttl="64" bytes="32" ttl="">

Ping statistics for 192.168.0.51:
Packets: Sent = 4, Received = 4, Lost = 0 (0% loss),
Approximate round trip times in milli-seconds:
Minimum = 0ms, Maximum = 2ms, Average = 0ms

C:\Documents and Settings\Admin>ping 192.168.0.9 (alamat webproxy mikrotik saya (ether 2))
Pinging 192.168.0.9 with 32 bytes of data:
Reply from 192.168.0.9: bytes=32 time<1ms ttl="64" bytes="32" ttl="64" bytes="32" ttl="64" bytes="32" ttl="">
Ping statistics for 192.168.0.9:
Packets: Sent = 4, Received = 4, Lost = 0 (0% loss),
Approximate round trip times in milli-seconds:
Minimum = 0ms, Maximum = 0ms, Average = 0ms

C:\Documents and Settings\Admin>ping 192.168.1.1 (alamat mikrotik ether 1)
Pinging 192.168.1.1 with 32 bytes of data:
Reply from 192.168.1.1: bytes=32 time<1ms ttl="64" bytes="32" ttl="64" bytes="32" ttl="64" bytes="32" ttl="">
Ping statistics for 192.168.1.1:
Packets: Sent = 4, Received = 4, Lost = 0 (0% loss),
Approximate round trip times in milli-seconds:
Minimum = 0ms, Maximum = 0ms, Average = 0ms

C:\Documents and Settings\Admin>ping 192.168.1.2 (alamat router modem adsl saya)
Pinging 192.168.1.2 with 32 bytes of data:
Reply from 192.168.1.2: bytes=32 time=1ms TTL=63
Reply from 192.168.1.2: bytes=32 time<1ms ttl="63" bytes="32" ttl="63" bytes="32" time="1ms" ttl="">

Ping statistics for 192.168.1.2:
Packets: Sent = 4, Received = 4, Lost = 0 (0% loss),
Approximate round trip times in milli-seconds:
Minimum = 0ms, Maximum = 1ms, Average = 0ms

C:\Documents and Settings\Admin>ping google.com (alamat keluar)
Pinging google.com [64.233.181.106] with 32 bytes of data:
Reply from 64.233.181.106: bytes=32 time=809ms TTL=50
Reply from 64.233.181.106: bytes=32 time=980ms TTL=50
Request timed out.
Request timed out.

Ping statistics for 64.233.181.106:
Packets: Sent = 4, Received = 2, Lost = 2 (50% loss),
Approximate round trip times in milli-seconds:
Minimum = 809ms, Maximum = 980ms, Average = 894ms

C:\Documents and Settings\Admin>ping google.com
Pinging google.com [64.233.181.106] with 32 bytes of data:
Request timed out.
Reply from 64.233.181.106: bytes=32 time=475ms TTL=50
Request timed out.
Reply from 64.233.181.106: bytes=32 time=557ms TTL=50

Ping statistics for 64.233.181.106:
Packets: Sent = 4, Received = 2, Lost = 2 (50% loss),
Approximate round trip times in milli-seconds:
Minimum = 475ms, Maximum = 557ms, Average = 516ms

C:\Documents and Settings\Admin>ping yahoo.com
Pinging yahoo.com [209.191.93.53] with 32 bytes of data:
Reply from 209.191.93.53: bytes=32 time=328ms TTL=48
Reply from 209.191.93.53: bytes=32 time=421ms TTL=48
Reply from 209.191.93.53: bytes=32 time=368ms TTL=48
Reply from 209.191.93.53: bytes=32 time=526ms TTL=48

Ping statistics for 209.191.93.53:
Packets: Sent = 4, Received = 4, Lost = 0 (0% loss),
Approximate round trip times in milli-seconds:
Minimum = 328ms, Maximum = 526ms, Average = 410ms

Kalo seandainya pada saat ping tidak ada jawaban di 192.168.0.51 (alamat akses point tempat saya konek) berarti akses point bermasalah…misalnya bisa powernya, bisa jaringan datanya (kabel lan). dst